WELCOME TO THE STORY OF ........

Friday, August 1, 2008

Sop BUnTUT ala Mama Zany

Hohohoho..sepertinya udah lama bener yaa ga nulis blog..pasti kalian kangen denger cerita gw yaa??huehuehuehue..kyk ada yang baca aja ini blog, wi…wii….huehuehuehue

Yaah..even ga ada yang baca, gw akan tetap menceritakan latar belakang kenapa gw –kalo kalian pada merhatiin – jarang online di MSN atopun nulis blog..
Bukannya apa-apa ya, boo..tapi gw gw selain lagi digrounded di rumah, gw jg disuruh mengerjakan pekerjaan yang sangaaatttt halaaaall yang TADINYA dilakukan oleh 2 orang MBAK di rumah gw..huhuhuhu..apa kabar ini, maa??tangan wi dah mo patah rasanyaa…huhuhu

Pagi ini pekerjaan gw dimulai dengan membersihkan dapur,,cuci piring,,lap-lap dapur,,masak air panas,,truz gw lanjutkan dengan membuat susu coklat panas,,yang ntah kenapa minum begituan bikin gw sakit perut –ampe 2 kali bolak-balik kamar mandi aye- .. mungkin krn ga biasa ya, boo..biasanya kan aye pagi2 makanannnya udah 4 sehat TANPA 5 sempurna..

Menu andalan pagi hari ini di rumah gw adalah NASI, SAYUR SAWI, DAN IKAN GORENG –mulai dari ikan lele sampe ikan yang panjang2 itu, apatuh namanya,,gw lupa, pokoknya itulaah-..plus ditambah satu botol saos sambal BELIBIS yang pedesnyaa bukan main tapi enak gelaaa..huehuehue…
hebohh bukan pagi2 dah disuruh makan begituan??
yaah..inilah keluarga gw..
dari dulu udah dibiasain sama mama gw yang selain seorang dokter, beliau juga praktisi gizi keluarga kami..
jadi ga ada tuh di rumah gw, pagi2 makan roti, keju, ato makanan barat2 lainnya..paling mentok pun adanya teh manis sama roti tawar. .cuhcuhcuh..ga diitung sarapan klo makannya begituan..
-kalian boleh Tanya orang2 yang pernah nginep di rumah gw-..
Hohohohoho….

Setelah selesai minum susu,, gw mulai pekerjaan dengan menyapu rumah gw, yang ntah kenapa klo sedang disuruh kerja gini, gw merasa rumah gw lebaaaarrrr sekali..kga selese2 gw nyapunya..perasaan klo mbak gw yang ngerjain, gw ga ngerasa gitu..gw malah suka ngomel2 krn ada yang kurang inilah, itulah, beginilah, begitulah..kyknya gw kena ganjaran krn suka ngomel2 di rumah..huhuhuhu..maafkan aku mbak2ku…aku menyayangi kalian koq..beneran dech..huhuhuhu

Lalu mama gw pun pulang dari pasar,, membawa belanjaan ikan yang cukup –baca : SANGAT- banyaakk..
-mama..mama…siapa yang mo masak ikan beginian tiap ari..wi mo Camp Medis lohh minggu besok..huhuhuhu-..dan gw pun langsung lanjutkan pekerjaan dgn membersihkan ikan2 itu..
Mo tau ikan yang dibeli mama gw..ini daftarnya…
1. Ikan yang siripnya warna pink..-engga tau namanya apa..kyknya sejenis ikan langka lagi niih..-
2. Ikan yang ada giginya lengkap truz bentuknya jelek lagi..ga tau dah namanya apa tuh ikan
3. Ikan panjang2 yang kyk dibeli kemaren..ga tau jg namanya apa..yang jelas dia lonjong panjang gitu..satu badan bisa dipotong 3-4 biji..
4. Ikan HIU…-ALYS…sekarang gw yang bersihin sendiri ikannya..dan kali ini TANPA ANAK HIU..fiuuhh..sayang sekali yaa, bebh..-
5. Kerang laut..yang warnanya orange2 itu..kyknya ini dikasih pewarna yaa..ga menarik bentuknya..
6. Daging babi+lemak di bagian ‘tempat menyusui’nya..hiiiyyhhhh…ini buat dimasak ‘arsik’ 
–makanan khas orang batak..-
7. Buntut Babi..ini untuk bikin sop Buntut..biasanya emang mama gw ganti Buntut sapi dengan BUntut babi,,biar enak..huehuehueheuehe..dan INILAH PILIHAN YANG GW MASAK HARI INI..hohohohohoho…
8. Apa lagi yaa…?duuuhh..lupa gw …pokoknya kira2 begitulaaah..huehuehuehuehue

Dan akhirnya setelah ikan2 itu beres dibersihin, gw pin melanjutkan pekerjaan dengan masak makanan bwt siang..dan seperti gw bilang tadi, gw memilih memasak Sop BUntut BABi..gw kaih tau yaa resepnyaa…

Pertama-tama, buntut babi dibakar hingga bulu2 nya ga jingkrak2 lagi kyk rambut2 gaul jaman sekarang..yaaah..bakarlaah ampe gosong dikit jg gpp..huehuehue..truz BUntut dan tulang-tulang lainnya direbus terlebih dulu..rebusnya dengan air yang cukup banyaak biar bisa lama..daging babi musti direbus lama biar cacing pita yang di dagingnya dapat tewas seketika..hohohoho..

Naaah,,selagi kita nunggu tuh air tinggal separoh ato sepertiga, kita bikin dech bumbunyaa..bumbu yang gampang koq..Cuma bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan merica,,yaah..paling nnt tinggal ditambah garam sama Royco Ayam/Sapi..

Setelah bumbu2 beres,,tapi air rebusan masih banyak juga..yaah..kita lanjutkan pekerjaan kita dengan memotong2 wortel, kentang, daun seledri, dan daun bawang..bikinnya yang banyak yaa..biar nnt lemaknya juga nyerep ke sayurannya sehingga lemak di air kuahnya itu ga terlalu ‘medok’,,kan agk jijay klo diliatnya begitu..huehuehuehue…

Naaahh..klo air rebusan udah tinggal separo/sepertiga,,masukin dech bahan2 sayuran tadi..wortel, kentang, dan segala jenis daun tadi..tunggu ampe mendidih..dan wortel dan kentangnya lembek..
-menurut penglihatan seorang Anzany, wortel dan kentang lebih cepet lembek klo direbus di kuah berlemak dibandingkan di air biasa..benar atau tidak kebenaran ini saya tidak tau juga..ini kan Cuma berdasarkan pengalaman aja, buu..hohohoho-

Naaah..pas air rebusan udah mendidih lagi, itu artinya segala jenis sayuran itu udah setengah mateng..masukin dech tuh segala jenis bumbu plus garem ama Royco nya..diaduk-aduk bentar..truz dicobain ampe rasanya menurut lo udah PAASSSS…

Nah klo udah diemin sebentar ampe sayur2nya bener2 lembek,,baru api dimatiin daaaannn…..JADI DEECHHHH…TERENTENGTENGG….

SOP BUNTUT ALA MAMA ZANY SIAP DIHIDANGKAN BERSAMA IKAN ASIN KEPALA BATU DAN SAOS SAMBAL BELIBIS,,hmmm..nyummmyyy..enak gelaaaa….mauuuuu??wakakakakakaka…


 Waduuuhh..gw lupaa…!!
Gw belum ngepel lantai bawah niih..
Nnt kita lanjutkan lagi yaa..
Gw masih punya buaanyaaakkk pekerjaan di rumah….
Okeh2??
Huehueheuheueheuehue..
Bubuyyyy..
GBU 

2 comments:

Tensai Ryuu-chan! said...

doh loe tuh ada2 aja deh di tinggal mba loe... wakakakaka...

1. sarapan di rumah loe = jatah makan gw 2 hari

2. sambel? ngga banget deh.. apa lagi judulnya sambel belibis super pedas... kiamat itu... T_T

3. sarapan pagi gw = 4 sehat 5 sempurnya yang ke 5 nya doang

4. nyapu rumah gw? ENTENG!!! nyapu rumah Zany?? WUIDIH.... Enteng pangkat 10 alias setengah mati... (rumah zany 10x lebih gede dari rumah gw kayaknya)

5. Ikan sirip warna pink?? Edible ga tuh???

6. HIU LAGI?? OMG!!!! mundur teratur gw.. takud...

7. kerang laut di kasi pewarna? masi maw di makan say??

8. glek... daging babi T_T

9. SOP BUNTUT BABI??? wth.... gw blum pernah makaannn....

10. INI LAH DIA... KOKI nomor 1 di kepengurusan PO FKG UI periode 2008!! Sering2 masakin kita y zan.. tapi yang edible bwat gw... oke?


SELAMAT NGEPEL!!

semoga diet berhasil

Anzany Tania Dwi Putri said...

bebh..gw beneran speechless baca komen lo yang 10 biji ini..fiuuuhhh..!
gw akan jawab satu per satu...

1. buset daah, bebh..makanya ngineplah di rumah gw seminggu ajaa..dijamin lo akan nambah berat badan minimal 3 kilo..wakaka

2. buset dah, bebh..lo mesti coba nih sambel DAHSYAT..!!pedes2 manis gitu koq kyk kesukaan lo ama kak hed..

3. sarapan susu doank??engga gw banget..minum susu pagi2 tuh bwt lo kyk makan garam inggris, buu..atit peyuuutt..

4. buset daah, bebh..beneran ga perlu fitness klo dah beresin rumah gw maah..huhuhuhu

5. ga tau bebh..gw c tinggal makan doaank..hehheehe

6. jangan bebh..tadinya malah pengen gw potoin tuh hiu pas lagi keadaan belum dibersihkan..bener2 bagus bentuknya!*klo masih kecil yaa..hehe

7. kyknya tak lagi di rumah gw kerang begituan..huhuhu..kasian emak gw dah beli banyak2..

8. daging babi enak tauuu..eh, dateng bokap gw, pas bokap gw beli mie bangka di kios chinnese gitu, dibeli lagi daging babi nya..ya udah dech..makin banyak aja tuh daging di rumah gw..huuuhh!

9. lo harus nyoba, bebh..hmm..delicious..kalah dech sop buntut Bang Haji yang di Fatmawati..huehuehuehue..

10. halaahhh..cuhcuhcuh..itu aja gw masih tanya nyokap gw koq..dan nyokap gw ngasih taunya santai gitu, sambil nyuci baju dia..padahal tulang2 yang bkl gw pertanggungjawabkan untuk dimasak kan lumayan banyak, bebh..sekilo lebih laah..bisa ancur dunia persilatan klo rsanya aneh..ya ga?

hehehehe..
jadinya bokap gw yang ngepel bebh hari ini..buset daah..dia dah mo pingsan kyknya..wakakakaaka..

GBU :)